Cara Cepat Blog Baru Agar Terindex oleh Google

NgeBlog Kuy! - Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu agar blog baru cepat terindex oleh Google. Jika blog/website kita terindex oleh google para pengujung/visitor lebih gampang apa yang dia cari dan bisa-bisa blog/website kita yang di klik oleh para pembaca tersebut.

Jika kalian mempunyai blog baru buat, maka sangat dianjurkan untuk memprioritaskan blog nya agar terindex oleh Google. Hal ini sangat wajib karna pengguna mesin pencari google sangat banyak hingga blog Anda memiliki peluang untuk mencari pengunjung/visitor.

Memang dengan cara ini sudah banyak yang dilakukan oleh para blogger lainnya. Namun tidak semua dengan mendalami tentang ini, dan sehingga masih saja para blogger lain bertanya-tanya "kenapa blog atau artikel yang saya publish belum terindex oleh google?". Oke kita langsung saja.

Baca juga : Cara Membuat Halaman 404 di Blogger

Cara Cepat Blog Baru Agar Terindex Oleh Google

1. Mempunyai Blog
Terutama untuk melakukan index google, pastinya Anda harus mempunyai blog dengan URL / Alamat Blog Anda sendiri.

2. Ubah menjadi domain TLD
Setelah mempunyai blog, akan tetapi url blog Anda masih menggunakan subdomain bawaan dari blogspot. Memang dengan menggunakan subdomain ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, tapi jika Anda ingin serius memperdalam dunia blogging tidak ada salahnya untuk upgrade ke domain TLD (Kalau untuk saya belum ada dana untuk sewa nya hehe)

3. Daftarkan blog ke webmaster tools
Webmaster tools merupakan layanan dari google untuk membantu Anda dalam memantau blog saat. Di webmaster Anda bisa melakukan pengamatan mengenai blog Anda sehingga Anda bisa melakukan optimasi mesin pencari. Pada webmaster tools, terdapat beberapa menu yang Anda bisa gunakan untuk membantu blog anda terdeteksi dan menempati halaman teratas mesin pencari google. Berikut menu-menunya :

Tampilan Penelusuran yaitu untuk menampilkan data blog secara terstruktur, penyorotan data dan penyempurnaan HTML.

Lalu Lintas Penelusuran yaitu untuk menganalisa penulusuran seperti analytics dan tautan internal yang menuju situs blog.

Google Indeks berguna untuk memantau alamat blog yang terindex, penghapusan url, dan tautan yang di blokir oleh google.

Perayapan yaitu berfungsi untuk melihat kesalahan dan statistik pada perayapan, penguji robot.txt, peta situs dan juga parameter perayapan.

4. Submit url dan Sitemap
Cara ini memang sudah menjadi hal utama bagi para blogger. Artikel yang sudah terpublish nantinya akan di telusuri google setelah Anda men-submit alamat url-nya. Usahakan buatlah artikel dengan konsisten, meskipun tidak banyak tetapi stabil. Misalnya Anda membuat artikel tiga hari sekali atau dua hari sekali.

Kemudian tambahkan sitemap untuk di submit. Pada langkah ini Anda harus masuk ke webmaster tools terlebih dahulu dan kemudian klik menu perayapan dan klik peta stius. Kemudian Anda tambahkan sitemap blog Anda dengan cara ketik sitemap.xml atau bisa juga atom.xml https://namabloganda.blogspot.com/ , maka hasilnya akan menjadi seperti https://ngeblog-kuy.blogspot.com/sitemap.xml

5. Ping Google dan fetch as google
Pada langkah ini, kita akan mempercepat blog agar terindex ke google. Cara ini memang akan membuat google untuk memprioritaskan agar blog Anda cepat terdeteksi.

Ping google sendiri adalah cara untuk memberitahu google bahwa terdapat url yang harus di rayapi google pada blog Anda.

Sedangkan fetch as google yaitu agar blog Anda cepat muncul di halaman google, baik di desktop maupun mobile. Jadi, Anda bisa melakukan fetch as google ini melalui webmaster tools.

Sekian dari artikel Cara Cepat Blog Baru Agar Terindex oleh Google semoga Bermanfaat bagi kalian semua, Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Cara Cepat Blog Baru Agar Terindex oleh Google"

  1. mantap gan. tapi buat ke Tld nunggu dulu dah.. :)

    ReplyDelete
  2. Nice Artikel bro. Berarti punya saya juga harus tld dong bro,

    ReplyDelete
  3. Blog saya udah TLD tapi lama juga indexnya :3

    ReplyDelete
  4. nah ini,akhirnya nemu juga nih pas dengan yang saya cari :) thx gan infonya :)

    ReplyDelete
  5. wah tips nya sangat membantu nih,, untuk dasarnya memang seperti itu, tapi banyak cara lagi agar blog bisa terindex dengan cepat.. share ke sosial media jg bisa terindex cepat ke google

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa juga bisa sih gan, termiakasih masukkan nya gan supaya blogger lain membaca komentar ini

      Delete
  6. berarti kita harus sering-sering submit url ke webmaster kak

    ReplyDelete
  7. ya gan , cara buat postingan di index google scr cepat gman, tapi udah keren kok infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering submkt di webmaster aja bro biar cepet keindex nya juga

      Delete
  8. Di dalam sitemapnya nanti kita isiin apaan ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isiin mkdsudnya gimana gan? Kalo sitemap submit nya bisa kaya di atas atau pakek ini /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

      Delete